Uncategorized

Bersyukur ada Lingkaran Cinta

Bersyukur, punya lingkungan dan bi’ah yang baik dari lingkaran cinta itu.

Rutin membersamai lingkaran itu, mungkin terlihat sepele dan tidak penting bagi orang luar.Tapi sejatinya aku membutuhkannya dan ia adalah pengikatku. Ia pengerat ukhuwah. Penjaga ruhiyah. Pemasti bahwa aku akan dan terus selalu dekat dengan Allah. Pengingat bahwa ada ending kehidupan yang penentunya adalah kita sendiri: jannah atau nar.

Al imaanu yaziidu wa yankush.

Iman itu naik dan turun. Bertambah dan berkurang.

Sering, saat ruhiyah ini sedang membutuhkan nashihat tertentu, lingkaran cinta itu membahas hal yang berkait erat dengan apa yang sedang kubutuhkan. Tanpa pernah kupiinta. Ia datang dengan ‘sendirinya’. Sebuah ‘keterbetulan’ yang membahagiakan.

Saat merasa sedih, diingatkan tentang ma’iyatullah. Kebersamaan dengan Allah. Bahwa ada Allah yang selalu membersamai dengan kita, dimanapun, kapanpun, bagaimanapun kondisinya.

Saat sedang dalam kondisi berlebihan bicara dan tertawa, betapa diingatkan tentang ruhiyah yang menjadi kering karena lisan. Tentang afatul-lisan, bahaya lisan. Maka aku menjadi terdiam. Diingatkan bahwa lisan yang terlalu sering mengoceh adalah indikasi jauhnya seseorang dari Allah.

Saat sedang merasa kering, aku diingatkan tentang keikhlasan, bagaimana menjaga agar ruh itu tetap ada, membersamai diri ini hingga kelas di ujung masa. Betapa hidup kita tidak lain dan tidak bukan adalah untuk Allah; bukan yang lain. Tujuan lain: bekerja, belajar, silaturahim, hanyalah sarana untuk mendekatkan diri pada Allah.

Betapa seringnya ada sebuah ‘keterbetulan’ dalam materi di lingkaran itu dengan apa yang kubutuhkan. Banyak hal yang kupertanyakan, dan kemudian tanpa perlu disinggung-singgung, sudah terjawab dengan sendirinya.

Sering takjubsendiri.

I do love you, my lingkaran-cinta.

Always pray we’ll meet in Allah’s Jannah.

Live is short and death is near..

Semoga selalu dituntun Allah untuk menjadi pribadi yang selalu mengutamakanNya dan mencintaNya dalam tiap denyut nadi ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s