Munakahat

Tentang Jodoh

Bismillahirrahmanirrahim.

Berbicara tentang jodoh, artinya kita sedang berbicara tentang takdir.. dan berbicara tentang takdir, berarti kita sedang membicarakan tentang bagaimana pemahaman kita akan takdir Allah.

Bagaimana takdir bekerja?

Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya sebagai setetes mani selama 40 hari, kemudian menjadi setetes darah selama 40 hari, kemudian menjadi segumpal daging selama 40 hari. Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara: menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan celaka atau bahagianya.” H.R Bukhari Muslim.

Rizqi Allah ini, termasuk didalamnya adalah rizqi jodoh yang Allah telah tetapkan dan karuniakan.

Hal ini menuntut kesempurnaan pemahaman kita sebagai seorang muslim(/ah), bahwa seseorang di masa depan yang kelak menjadi pendamping kita di hadapan Allah adalah pendamping yang betul-betul telah Allah siapkan untuk kita. Dialah seseorang yang Allah pilihkan. Dialah seseorang yang Allah sediakan. Tak ada opsi lain; tak ada kemungkinan lain.

Allah telah menentukan.

Ketika kita berbincang jodoh, kita sedang berbincang tentang takdir dan keimanan. Dengan memahami konsep takdir, bahasan tentang jodoh ini sejatinya bisa kita bahas dengan lembut lagi penuh pemahaman indah. Jodoh kita adalah seseorang yang telah Allah pilihkan dan Allah sediakan.

“Mungkin dia, atau dia” adalah kekosongan. Betapa ia adalah ungkapan tanpa ilmu dan tanpa makna. Allah, selalu akan menyingkirkan kita dari orang-orang yang bukan jodoh kita, betapapun lembut caranya hingga kita tak menyadarinya.

Jodoh kita adalah pilihan Allah, bukan pilihan kita, pilihan orangtua kita, atau pilihan orang shalih yang memerantarai kita. Allah sungguh-sungguh telah mempersiapkannya untuk kita, dengan caraNya yang kita tak pernah sangka keajaibannya. Bagi sesosok perempuan, dialah; seseorang satu-satunya yang kelak berucap akad dengan gagah di hadapan orangtua kita.

**

Semoga yang telah menikah semakin dikokohkan ikatannya; yang sedang berproses dibarakahkan prosesnya; yang sedang menunggu segera dipertemukan dengan jodohnya, tentu di waktu terbaik yang telah Allah tetapkan.

Semoga, Allah memberkahi kehidupan kita, hingga kelak Allah jemput kita dalam sebaik-baik keimanan dan keadaan.

Advertisements

2 thoughts on “Tentang Jodoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s