Pregnancy · Sharing

Sekolah Quran Ibu Hamil #1 : Apa yang Terjadi Dalam Tubuh Saat Kita Hamil?

Apa yang Terjadi Dalam Tubuh Saat Kita Hamil?

Oleh: dr. Kusuma Andriyani, Sp.OG
  • Sel sperma sebanyak 300 juta telah berusaha mengejar sel telur. Ini artinya, sudah terjadi upaya besar dan seleksi ketat. Karena itu, apa yang telah terjadi dari seleksi tersebut, harus kita jaga sebaik-baiknya. (Sebagai tambahan: Ratusan juta sel sperma yang mengejar (hanya) satu sel telur merupakan suatu fitrah yang dapat dikaitkan dengan hikmah. Apakah itu? Tentang LGBT telah menyalahi ketetapan Allah. Maknai kembali hal ini. Meski peluang memperoleh kecil, serta dengan kenyataan bahwa yang dikejar hanya satu sel telur dengan jumlah pengejar sel sperma jutaan, tidak lantas membuat sperma sibuk sendiri dengan sesama jenisnya di sekelilingnya. Semua sperma sibuk berkejaran berlomba-lomba. Hal ini merupakan fitrah yang telah Allah tetapkan, bahwa laki-laki memang diciptakan berpasangan dengan perempuan.)
  • Saat hamil, kantung rahim kita membesar hingga 15x. Berat kantung rahim kita saat sebelum hamil adalah 70gr, saat hamil membesar hingga 1100gr.
  • Rahim yang membesar -> Kebutuhan oksigen meningkat -> Lebih mudah capek
  • Kerja jantung meningkat -> Sering berdebar
  • Lambung bekerja lebih lama -> Pengosongan lebih lama -> Mudah gumoh (trimester awal)
  • Kadar HCG (Human Chorionic Gonadotrophin hormone) terus meningkat hanya hingga 10 minggu pertama -> hormon yang terdeteksi saat testpack -> testpact saat kehamilan trimester 2 atau 3 hasilnya bisa negatif karna kadar HCG telah menurun
  • Pergerakan usus melambat dan produksi progesterone meningkat -> Pemicu konstipasi
  • Saat trimester 3 sering kencing insyaaAllah merupakan pertanda bahwa kepala janin sudah di bawah. Saran: konsumsi air hangat, agar saat kencing, kuman dalam tubuh ikut tergelontor keluar.
  • Makanan apa yang ibu konsumsi saat hamil akan menjadi kesukaan sang anak kelak. Karena itu, variasikan makanan agar anak tidak picky makanan dan perbanyak healthy food agar kelak anak hobi makan sehat.
  • Segala penyikapan ibu selama hamil, seperti, sikap yang ceria dan ringan hati atau mudah stress dan cemberut, maka seperti itu jugalah sang janin akan belajar meniru. Berhati-hati terhadap penyikapan diri selama hamil. Tetap ceria, minimkan stress, selalu positif menyikapi hari.
  • Konklusinya memang apa yang kita lakukan sekarang besar kemungkinannya akan terbawa pada anak kita. Hal ini telah divalidasi dalam berbagai penelitian medis.
  • Pada prinsipnya, orang hamil itu sehat.
  • Pada prinsipnya, orang hamil itu normal. Bisa hamil artinya kita sehat dan normal.
  • Karena itu, bismillah. Konsumsi segala sesuatu yang sehat tidak dilarang, asalkan tidak berlebihan.
  • Contoh: nanas. Nanas dilarang karena mengandung enzim yang bisa melunakkan daging. Karena itu yang sebenarnya dilarang adalah mengkonsumsi nanas saat trimester pertama, saat janin masih ringkih dan belum menempel sempurna pada dinding rahim. Jika sudah melewati trimester satu, konsumsi nanas aman. Tetapi agar diingat untuk tidak berlebihan. Bagaimana jika tidak sengaja memakan nanas saat trimester satu? Asal sedikit, tidak apa-apa. Tetap positif thinking dan tak perlu stress. Karena justru stress itulah yang justru tidak baik bagi kehamilan.
  • Contoh lainnya: teh dan kopi. Teh dilarang karena dapat menyerap zat besi, sedang janin membutuhkan zat besi dalam jumlah cukup. Teh tetap tidak mengapa dikonsumsi, tapi jangan terlalu banyak dan jangan terlalu kental. Begitu juga kopi. Konsumsi kopi dilarang bagi ibu hamil karena bisa memicu produksi asam lambung makin tinggi. Dalam kadar wajar dan tidak berlebihan, sesekali menyeruput kopi tidak dilarang
  • Sekali lagi kembali pada prinsip bahwa orang hamil itu sehat dan normal. Jangan membatasi rasa, selalu variasikan makanan sehat dan jangan mudah berpikiran negatif. Ibu hamil tidak boleh negative thinking dan tidak boleh stress.
  • Allah yang memiliki kehidupan. Allah yang menguatkan janin. Jaga pola hidup sehat, jaga kandungan, jaga penyikapan positif selama kehamilan. insyaaaAllah ibu dan janin akan sehat selalu.

Semoga bermanfaat

Sumber: Sekolah Qur’an Ibu Hamil (SQIH) Malang

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s