Ilmu · Pregnancy · Sharing

Sekolah Quran Ibu Hamil #11: Jenis dan Indikasi Persalinan

Jenis dan Indikasi Persalinan
Oleh: dr. Halida, Sp.OG.

Bismillahirrahmanirrahim.

  • Persalinan normal artinya -> persalinan dengan dibantu mengejan dengan posisi kepala janin di bawah (persentase ubun-ubun)
  • Meski awalnya ada upaya mengejan, tapi jika pada akhirnya dibantu vacuum artinya sudah masuk dalam kategori persalinan tidak normal. Ini yang dinamakan ekstraksi vacuum.
  • Syarat persalinan dibantu vacuum: bukaan sudah lengkap, kepala sudah di bawah, namun ibu sudah sangat kelelahan. Risiko yang mungkin timbul dari persalinan vacuum adalah adanya cerebral palsi dengan kemungkinan 1:1000
  • Persalinan caesarea sectio (sering dikenal dengan caesar) -> persalinan dengan membedah perut untuk kemudian janin dikeluarkan.
  • Persalinan Caesar terdiri dari:

Caesar Elektif: Elektif artinya terancana. Ini lakukan ketika memang kondisinya sudah diprediksi sejak awal bahwa persalinan normal tidak mungkin dilakukan. Contohnya: degenerasi kelainan retina.

Caesar Emergency: dilakukan dalam keadaan darurat dan tidak direncanakan sejak awal. Contohnya: sudah berencana persalinan normal dan dilakukan induksi, tetapi saat dilakukan induksi, janin di dalam perut tidak kuat dan jantungnya makin melemah. Maka tidak boleh dipaksakan dan harus caesar.

  • Incision dalam persalinan caesar terdiri dari:

    -Vertikal Incision: bedah tegak lurus. Untuk persalinan selanjutnya sudah dipastikan tidak bisa normal, sebab jika dipaksakan akan robek.

    Horizontal Incision: bedah melintang, satu garis lurus dengan garis bra. Masih ada harapan untuk normal lagi (VBAC) dengan syarat tertentu. Misalnya, tebal dinding rahim >3ml, jahitan organ dalam sudah dipastikan kering sempurna, kepala bayi sudah masuk panggul. Caesar ini dilaksanakan dengan full team dokter ahli bius, dokter anak, dokter bedah, dan dokter kandungan.

  • Indikasi janin lahir dengan jalan caesar:

    -Kelainan letak.

    Contohnya: sungsang. Wajib dioperasi karena jika dipaksakan normal, misalnya, bisa lahir bagian pantatnya saja, atau tangannya saja, dst.

    -Gawat janin

  • Salah satu saran agar dapat melakukan persalinan normal: bayi jangan terlalu besar (di atas 4k g) terutama bagi wanita berpinggul kecil. Hal ini memicu bahu dan badan bayi juga besar sehingga sulit berputar karena panggul ibu tidak muat.
  • Terkait ketuban keruh, yang mempengaruhi antara lain: inveksi, faktor usia, dan faktor dilakukan drip/induksi.
  • Disarankan, agar usia kandungan 7 bulan kepala sudah berada di bawah. Tetapi jika belum, tidak mengapa dan masih bisa diupayakan.
  • Dianjurkan agar trimester 1 dan 2 banyak makan. Hal ini untuk mencapai BB Ideal janin. Nanti trimester 3, ketika dokter bilang “stop!”, baru berhenti banyak makan. Trimester 1 dan 2 tidak disarankan diet.
  • Bagi pemilik minus tinggi, diwajibkan untuk melakukan cek kelainan retina di dokter spesialis mata. Kapan? Saat trimester 3 – paling cepat bulan ke tujuh. Orang yang sudah positif terdapat kelainan retina tidak diperbolehkan mengeluarkan tenaga yang sangat besar, salah satunya mengejan. Jika dipaksakan mengejan, dapat membuat retina lepas. Retina lepas artinya tidak mampu lagi melihat – mengalami kebutaan, red.
  • IMD (Inisiasi Menyusui Dini): Dilakukan pertama kali s.d. 60 menit
  • Pada IMD, bayi mungkin tidak langsung menemui puting langsung dan masih mencari-cari (ini bagus untuk direkam untuk keperluan personal)
  • IMD sebaiknya dilakukan dengan telanjang dada dan skin to skin
  • ASI sangat mungkin tidak langsung keluar, tidak apa-apa. Tujuan IMD adalah kontak ibu dan anak
  • Notes: sharing lebih lanjut mengenai IMD akan dibahas di post lainnya ya. Alhamdulillah kemarin berkesempatan mengikuti kelas edukASI dari AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Ranting Malang dan mendapatkan banyaak sekali ilmu.

Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber: Sekolah Quran Ibu Hamil (SQIH) Malang – Angkatan I

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s